Sean Connery: Aktor James Bond meninggal pada usia 90 tahun

Sir Sean Connery telah meninggal pada usia 90 tahun, menurut keluarganya.

Connery terkenal karena perannya sebagai agen rahasia ikonik James Bond. Dia adalah aktor pertama yang membawa peran itu ke layar lebar dan kemudian muncul dalam tujuh dari 25 film thriller mata-mata.

Selain Bond, Connery juga membintangi banyak film lain dan memenangkan berbagai penghargaan termasuk Oscar, dua penghargaan Bafta, dan tiga Golden Globes.

Film terkenal lainnya termasuk The Hunt for Red October, Indiana Jones and the Last Crusade dan The Rock.

Connery bisa dibilang aktor terbaik yang pernah memerankan Bond dan sering disebut seperti itu dalam jajak pendapat selama bertahun-tahun.

Connery memenangkan Oscar pada tahun 1988, setelah dinobatkan sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai polisi Irlandia di The Untouchables.

Aktor Skotlandia ini juga dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu di Istana Holyrood pada tahun 2000.

Kembali pada bulan Agustus tahun ini dia berusia 90 tahun.

Meskipun dia sekarang telah pensiun setelah karirnya selama lima dekade, Connery telah turun sebagai salah satu aktor terbaik di abad ke-20.

Berikut 10 fakta tentang pria tersebut.

10. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai pengantar susu Edinburgh

Sebelum Connery sukses besar sebagai Bond, dia bekerja sebagai tukang susu di Edinburgh. Secara kebetulan, Fettes School sedang menjalankan program susunya – sekolah yang sama dengan Bond bersekolah setelah dikeluarkan dari Eton.

Connery baru-baru ini mengungkapkan bahwa suatu kali, ketika dia kembali ke Edinburgh untuk menghadiri Festival Film kota itu, dia mengesankan seorang sopir taksi dengan kemampuannya untuk menyebutkan setiap jalan yang mereka lewati. Sopir itu bertanya bagaimana dia bisa mengenal jalan dengan baik, meminta Connery menjelaskan bahwa dia dulunya adalah seorang tukang susu. Sopir taksi kemudian bertanya: “apa yang kamu lakukan sekarang?” Connery mengatakan pertanyaan itu “lebih sulit untuk dijawab.”

9. Dia mendapat tato ‘Scotland Forever’ ketika dia mendaftar di Royal Navy

Seperti Bond, Connery bertugas di Royal Navy. Dia bergabung ketika dia baru berusia 16 dan segera mendapat tato bertuliskan ‘Scotland Forever’ di bahunya untuk menandai kesempatan itu. Anda akan kesulitan melihat tato di film Bond mana pun, karena tato itu ditutupi riasan tebal selama pengambilan gambar.

Connery mungkin tidak pernah menghiasi layar perak jika bukan karena penyakit kebetulan yang mempersingkat karier angkatan lautnya. Ulkus duodenum berarti Connery harus diberhentikan dari Angkatan Laut karena alasan medis, dan pensiun cacat yang diterimanya saat cuti membantunya secara finansial saat ia mulai mencari pekerjaan akting.

8. Dia menolak tawaran untuk memerankan Gandalf dalam serial Lord of the Rings karena dia tidak bisa memahami ceritanya

Connery menolak peran Gandalf dalam franchise terkenal Lord of the Rings hanya karena dia tidak memahami naskahnya. Meskipun ditawari gaji $ 10 juta dan 15% dari keuntungan box office, Connery tidak tertarik. Menurut Looper, total pendapatan serial film ini mencapai $ 5,9 miliar – yang berarti Connery melewatkan a serius jumlah uang.

Berbicara pada tahun 2012, Connery mengatakan tentang bagian itu: “Saya tidak pernah memahaminya. Saya membaca buku. Saya membaca naskahnya. Saya melihat filmnya. Saya masih belum mengerti. Ian McKellen, saya yakin, luar biasa di dalamnya. ” Senang mengetahui bahwa dia merasa damai dengan kehilangan lebih dari $ 760 juta!

7. Dia pernah dihentikan oleh seorang polisi bernama Sersan James Bond karena ngebut

Sulit membayangkan Connery, yang saat ini sangat dekat dengan persona Bond yang mempesona dan glamor, melakukan sesuatu yang biasa seperti menepi karena tilang. Namun pada Oktober 1967, Connery dihentikan dan diberi tilang sebesar £ 15 di London.

Namun, insiden itu tidak sepenuhnya luar biasa. Ternyata polisi yang memberi tiket Connery itu bernama Bond – James Bond. Sgt. Bond mengatakan kepada wartawan: “Sangat disayangkan, tapi saya baru saja lahir dengan nama ini dan tidak ada yang bisa saya lakukan untuk itu.”

6. Ian Fleming awalnya meragukan casting Connery

Pencipta obligasi Fleming dulu tidak senang dengan pilihan aktor untuk pemeran utama dalam film pertama Bond, Dr Tidak. Dia dilaporkan berkata tentang Connery: “Saya mencari Komandan Bond dan bukan pemeran pengganti.” Aktor pilihan pertama Fleming untuk memerankan 007 sebenarnya adalah Cary Grant, tetapi karena ia berusia 58 tahun, ia hanya ingin berkomitmen untuk melakukan satu film. Connery lebih muda dan lebih fleksibel, sehingga penulis harus puas dengan aktor Skotlandia itu meskipun dia merasa was-was.

Fleming muncul setelah penayangan perdana Dr No. yang sukses. Dia sangat terkesan dengan kinerja Connery sehingga dia bahkan menulis dalam warisan Skotlandia untuk Bond di novel-novel selanjutnya.

5. Dia dulu mengasuh jurnalis Inggris Peter Noble dan aktris Marianne Stone

Connery berhasil mendapatkan beberapa pekerjaan pada tahun 1950-an dengan membantu di belakang panggung dan kadang-kadang muncul di atas panggung di teater regional di Inggris dan Skotlandia. Tetapi sementara ini adalah awal yang menjanjikan untuk karir aktingnya, dia berjuang untuk memenuhi kebutuhan dan harus mencari pekerjaan paruh waktu di tempat lain.

Dia bekerja sebagai babysitter untuk jurnalis Peter Noble dan aktris istrinya Marianne Stone, yang menghasilkan 10 shilling semalam. Itu bukan satu-satunya pekerjaan tidak ortodoks Connery – sebelum menjadi bintang, dia bekerja sebagai penjaga pantai, sopir truk, penggosok peti mati, dan model pria.

4. Dia lolos dari serangan hiu saat syuting Thunderball

Seperti orang waras mana pun, Connery berhati-hati berenang dengan hiu hidup untuk sebuah adegan dalam film Bond keempat Thunderball. Desainer produksi Ken Adam membangun partisi bawah air yang terbuat dari Plexiglas untuk menjaga keamanan aktor – tetapi partisi tersebut memiliki celah setinggi empat kaki yang cukup besar untuk dilewati hiu.

Benar saja, seekor hiu berhasil melewati celah, meninggalkan Connery dengan cukup waktu untuk melarikan diri dari kolam. Adam menceritakan masalah ini di The Guardian pada tahun 2005: “Connery hampir saja digigit. Kami memiliki koridor kaca plexiglass untuk melindunginya, tapi saya tidak memiliki cukup kaca plexiglass dan salah satu hiu berhasil melewatinya. Dia tidak pernah keluar dari kolam lebih cepat dalam hidupnya. “

3. Dia memakai wig di setiap film Bond

Yang mengejutkan, Connery mulai mengalami kebotakan pada usia 21 tahun. Saat ia berusia awal 30-an dan dicasting untuk Dr No, ia harus memakai hairpiece. Rambut palsu itu tercampur mulus dengan sisa rambut Connery sehingga Anda hampir tidak bisa melihatnya di layar.

Beberapa kritikus sejak itu menyatakan kekecewaan mereka pada fakta bahwa Connery tidak diizinkan untuk tetap botak dalam peran tersebut. Menulis di The Guardian pada tahun 2007, John Patterson menulis: “Bukankah lebih baik jika simbol seks pria yang paling terlihat hidup telah menyelamatkan dunia dari Goldfinger sambil mengenakan kubah krom yang berkilau? Betapa bedanya hal itu untuk kebotakan di seluruh dunia. ”

2. Keluarganya sangat miskin sehingga dia tidur di laci paling bawah lemari orangtuanya seperti bayi

Keluarga Connery sangat miskin sehingga sebagai seorang bayi, bintang masa depan itu tidak memiliki tempat tidur bayi dan harus tidur di laci bawah lemari orangtuanya. Ayahnya, Joe, bekerja di pabrik karet setempat, tetapi masalah ekonomi tahun 1930-an membuat dia sering dibiarkan tanpa pekerjaan. Ibu Connery, Effie, menanamkan etos kerja yang kokoh kepada kedua putranya dan mengajari mereka berdua nilai ketekunan.

Connery mulai bekerja untuk membantu menghidupi keluarga pada usia muda sembilan tahun, ketika dia memulai pekerjaannya sebagai pengantar susu. Dia juga bekerja di tukang daging untuk mendapatkan uang tambahan untuk keluarganya.

1. Dia diancam dengan todongan senjata oleh pacar mafia sesama bintang wanita yang cemburu

Pada tahun 1958 – pra-Bond – Connery sedang mengerjakan film Another Time, Another Place dengan aktris Lana Turner. Pacar Turner, Johnny Stompanato, terlibat dalam dunia kejahatan terorganisir dan bekerja sebagai pengawal gangster terkenal bernama Mickey Cohen.

Ketika rumor palsu mulai beredar tentang Connery dan Turner berselingkuh, Stompanato terbang ke London dan mengancam aktor Skotlandia itu dengan pistol. Seorang binaragawan ulung dan sabuk hitam karate, Connery dengan mudah membela diri dan merebut senjata dari Stompanato, yang dideportasi dari Inggris tak lama kemudian.